HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT BERKOMUNIKASI

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT BERKOMUNIKASI

Setiap manusia pastinya membutuhkan bantuan dari orang lain. Kita adalah makhluk hidup yang tidak bisa hidup sendiri. Kita tentunya juga saling berkomunikasi satu sama lain dengan orang lain. Jika akan memulai sebuah hal tertentu kita pun juga harus memulai percakapan. Nah, komunikasi adalah hal yang paling penting. Untuk selalu menjaga komunikasi agar tetap berjalan lancar pun juga tidak mudah. kita harus selalu menyiapkan kata selanjutnya untuk selalu terhubung. Nah, ini tentunya menjadi pokok masalah dalam setiap percakapan. Orang yang memiliki public speaking yang bagus pastinya akan selalu menjalin komunikasi yang baik dengan orang lain. Sebaliknya jika kamu adalah tipe orang yang introvert. Untuk memulai sebuah percakapan pun kamu akan susah.

Beberapa Hal Yang Dapat Membantu Kamu Berkomunikasi Secara Lancar

Untuk orang yang introvert, menjalin sebuah komunikasi memanglah tidak mudah. Kamu harus memberanikan diri untuk memulai sebuah obrolan atau percakapan. Ini tentunya kamu akan merubah mindset dan pola pikir kamu. Tidak selamanya orang akan menjadi introvert. Orang-orang juga akan meminta bantuan kepada kamu dan kamu juga harus menolongnya. Keluar dari zona nyaman adalah solusinya. Kamu menjadi akan lebih peduli dengan orang lain. Nah, maka dari itu jika kamu ingin menjalin sebuah komunikasi, sebaiknya kamu juga harus memulainya terlebih dahulu. Nah, jika kamu masih sulit melakukannya. Kamu bisa memperhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Kontak mata

Agar komunikasi berjalan lancar kamu harus memperhatikan kontak mata lawan bicara mu. ini tentunya agar lawan bicara kamu yakin dengan apa yang kamu katakan. Melalui kontak mata, kamu juga harus membiasakan hal itu. Ini berguna untuk lawan bicara kamu merasa tidak terabaikan.

  • Ekspresi wajah

Selain kontak mata kamu juga harus meyakinkan lawan bicara kamu melalui ekspresi wajah. Ekspresi wajah juga akan mempengaruhi dalam setiap obrolan atau percakapan. Misalnya teman kamu ingin bercerita tapi ekspresi wajah kamu terlihat marah. Tentu saja teman kamu merasa tidak nyaman dan tidak lagi ingin bercerita denganmu. Sebaliknya jika kamu sering tersenyum atau terlihat ramah, kamu akan terlihat tertarik dengan pembicaraan lawan bicara kamu agar tidak tersinggung. 

  • Postur tubuh

Jika kamu sedang ingin mendengarkan orang lain, sebaiknya kamu berhenti menggerakkan tubuhmu. Sebab kamu akan terlihat tergesa-gesa atau tidak mau berbicara dengan lawan bicara kamu. Karena orang yang kamu ajak bicara bisa melihat bagaimana gerak gerik tubuh kamu. Jadi bergeraklah dengan tenang agar terlihat nyaman saat melakukan percakapan. 

  • Menggunakan kalimat yang jelas

Hal ini dapat juga sangat penting saat melakukan percakapan. Sebab kamu biasanya akan menanggapi pembicaraan orang lain, kamu juga harus menggunakan kalimat yang jelas. Jangan terlalu banyak berbicara yang tidak penting dan bertele-tele. Karena orang yang kamu ajak bicara pastinya akan bingung dan terlihat tidak percaya dengan apa yang kamu bicarakan. 

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang harus kita terapkan dalam membangun sebuah komunikasi. Jika kamu seorang pembicara ini tentu sangatlah penting. Seorang public speaking juga harus memiliki wawasan dan juga cakupan yang luas untuk dapat dipercayai pada saat melakukan sebuah komunikasi. jika kamu sudah terbiasa, kamu juga akan merasa lebih percaya diri dan optimis saat mengatakan sesuatu. Hal ini tentunya dapat menarik perhatian orang yang kamu ajak bicara. Komunikasi yang kamu lakukan pun juga akan berjalan nyaman dan santai. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *